Sunday, June 23, 2013

Strategi Mengatasi Tantangan Bisnis

Strategi Mengatasi Tantangan Bisnis


Bisnis yang aman tentu menjadi idaman setiap orang. Namun tahukah Anda, bahwa bisnis yang aman tidak mengajarkan kita apapun. Sebaliknya, bisnis apapun nyatanya sarat tantangan han hambatan. Dalam berbisnis, Anda akan senantiasa menemui tantangan dan kendala. Di sinilah Anda akan belajar untuk menghadapi dan mengatasinya. Ada tantangan yang mudah, dan ada pula tantangan susah ditangani. Untuk jenis tantangan usaha yang ke dua, bagaimana cara mengatasinya?

Tantangan, jika dibiarkan, ia akan memangkas habis usaha Anda. Dalam menghadapinya, Anda harus dapat berfokus pada kekuatan, dan melihat tantangan sebagai bagian alamiah dari kehidupan. Jika Anda berfokus pada kesulitan, Anda tidak akan menemukan solusi dan hanya akan menghadapi dilemma. Jika Anda menghadapinya, Anda setidaknya akan belajar untuk menemukan satu atau mungkin banyak kemungkinan untuk memecahkan masalah.

Percayalah bahwa kesulitan ada manfaatnya. Anda dapat melihat bahwa tantangan yang sulit dalam hal apapun (hubungan, bisnis, keuangan, dll) akan membuat kita belajar banyak hal. Darinya lah kita akan belajar tumbuh dan menjadi lebih kuat.

Sama halnya dengan tantangan bisnis. Saat Anda misalnya menemukan pesaing yang sulit dikalahkan, Anda perlu merasakan emosi Anda sendiri agar kemudian Anda dapat menerima kondisi persaingan tersebut. Beri diri Anda waktu untuk menghadapinya, namun kemudian segera ambil tindakan untuk mengatasinya. Lakukanlah semua cara yang dapat Anda lakukan seolah-olah tidak ada cara lain. Jika Anda mengalami kegagalan dangan cara satu, tunggu dan bersabarlah hingga waktu yang tepat untuk menerapkan cara ke dua.

Jangan berharap bahwa semua tantangan dapat diselesaikan segera. Beberapa di antaranya tentu membutuhkan waktu. Jangan pernah menganggap bahwa tantangan adalah hukuman. Anda perlu melihatnya dengan sudut pandang yang benar dan jernih, agar Anda dapat mengatasinya. Jika Anda berhasil, itulah awal mula kesuksesan Anda.

Mark Victor Hansen, trainer dan motivator inspiratif asal Amerika mengatakan, “Jangan menunggu sampai semuanya tepat. Tidak ada hal yang sempurna. Anda akan selalu menghadapi tantangan, hambatan, dan kondisi sulit. Lalu apa? Mulailah sekarang! Dari setiap langkah yang Anda lakukan, Anda akan tumbuh lebih kuat dan lebih kuat, lebih terampil, dan lebih sukses.“ (*/dari berbagai sumber)

sumber : www.ciputraentrepreneurship.com

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Blog | List Bisnis Indonesia - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger