Sunday, June 23, 2013

Pantang Mundur Berusaha Meski Gagal Berkali-kali

Pantang Mundur Berusaha Meski Gagal Berkali-kali


Hidup itu bagaikan roda,  kadang di atas dan kadang di bawah. Begitu juga dengan membangun sebuah usaha. Ada kalanya kita menemui kegagalan. Bukan hanya sekali, tapi mungkin berkali-kali. Tapi, jangan sampai kegagalan dalam membangun usaha ini menjadikan Anda kapok mencobanya lagi. Seperti yang dikatakan Jusuf Kalla di Pesta WIrausaha 2013 di Kemayoran beberapa waktu lalu, “Kalau menjadi pengusaha itu gampang, pasti semua orang sudah jadi pengusaha”.
Untuk tetap menumbuhkan semangat dalam diri Anda walaupun berkali-kali menemui kegagalan dalam membangun usaha, ada baiknya Anda simak tips-tips berikut .
1. Optimistis
Optimistis merupakan harga mati jika Anda ingin membangun sebuah usaha. Baik itu untuk yang pertama kalinya atau untuk yang kesekeian kalinya. Dengan optimisme yang tinggi, secara tidak langsung Anda sudah menyemangati diri Anda sendiri dan akan berdampak baik pada keberlangsungan usaha yang Anda bangun.
2. Tidak Mudah Terbuai Pujian
Sebuah pujian kadang bisa mengangkat moral dan semangat Anda. Tetapi, kadang sebuah pujian bisa menjadi teror untuk Anda. Sebuah pujian yang berkelanjutan bisa membuat Anda merasa cukup dengan kondisi sekarang dan bisa membuat Anda stuck sehingga menghambat untuk berkembang. Ketika Anda sedang membangun sebuah usaha, kritik dan saran dari konsumen Anda lebih dibutuhkan daripada pujian yang membuaikan.
3. Tidak Cepat Puas
Dalam proses membangun sebuah usaha, hasil apa pun yang diterima janganlah sampai menyurutkan semangat Anda. Jika hasilnya tidak seperti yang diharapkan tetaplah semangat dan jangan cepat menyerah. Jika hasilnya memuaskan, jangan juga cepat puas. Anda harus percaya bahwa usaha yang Anda bangun bisa lebih berkembang lagi dari pencapaian yang Anda capai. Jangan lelah untuk berinovasi agar konsumen Anda tidak pindah ke kompetitor.
4. Berkaca Pada Kesalahan
Silakan Anda berkaca pada kesalahan-kesalahan sebelumnya. Jangan sampai kesalahan-kesalahan itu terulang kembali di masa depan. Anggap kesalahan di masa lalu sebagai guru sehingga Anda menjadi tahu mana yang tepat dan mana yang kurang tepat jika diterapkan di dalam usaha Anda. Seperti kata pepatah, “Guru yang paling baik adalah Pengalaman”.
5. Nikmati Setiap Prosesnya
Apa pun yang Anda lakukan, jika Anda tidak menikmatinya sudah pasti hasilnya tidak akan memuaskan. Oleh karena itu, Anda harus menikmati setiap proses yang Anda lalui ketika sedang membangun sebuah usaha. Akan banyak hal yang akan Anda alami ketika membangun sebuah usaha. Mungkin akan ada yang meremehkan Anda, tapi pasti akan ada juga yang mendukung Anda. Jadi, nikmati setiap prosesnya. Itulah yang akan membuat Anda merasa tidak kenal lelah ketika membangun sebuah usaha.

sumber : the-marketeers.com

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Blog | List Bisnis Indonesia - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger