Sunday, June 23, 2013

Pacu Semangat Membangun Jaringan Bisnis

 Pacu Semangat Membangun Jaringan Bisnis


Membangun jaringan bisnis sama saja dengan menjalani pola hidup sehat. Kita tahu betul manfaatnya, tapi begitu sulit bergerak menuju ke sana.
Ya, semua orang pernah mengalami saat-saat merasa malas dan enggan sekali menghadiri pertemuan bisnis penting yang akan banyak manfaatnya bagi perusahaan. Terlebih bila hari itu telah dilalui dengan berat. Tidak ada salahnya memang, sesekali memanjakan diri, bergelung di sofa sambil menonton serial drama favorit setelah melalui hari yang sulit. Tapi jangan sampai Anda terlena dengan melewatkan beberapa pertemuan bisnis penting. Karena, bila Anda terlewat tiga atau empat pertemuan saja dalam sebulan, Anda akan tergerus arus dan segera hilang dari peredaran.
Untuk menyiasati keengganan itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun kesadaran akan pentingnya pertemuan itu bagi perkembangan bisnis Anda.
Bila kesadaran itu sudah ada, sekarang tinggal mengikuti empat tips sederhana untuk memacu semangat Anda.
Langsung berangkat
Jangan berpikir macam-macam, karena semakin dipikirkan, semakin hal itu menjadi beban. Bila pun Anda berangkat dengan setengah hati, anggap saja pertemuan bisnis itu sebagai ajang menghabiskan waktu. Saat Anda bertemu dan berbincang dengan orang baru ataupun kenalan lama di tempat itu, Anda akan menyadari betapa cepatnya waktu berlalu.
Ajak teman
Bila Anda merasa malas pergi sendirian, ajaklah seseorang yang Anda kenal untuk menemani. Undang saja seorang teman lama, sehingga Anda bisa tetap 'aman' dengan seseorang yang telah Anda kenal, sekaligus menjalin kembali hubungan yang mungkin selama ini agak sedikit terabaikan.
Networking tidak selalu berarti bertemu dengan orang baru, tetapi juga menjaga hubungan yang telah terjalin.
Pulang cepat
Bila memang Anda tidak bisa menikmati pertemuan itu, tidak ada salahnya pulang lebih awal. Jangan terlalu memaksakan diri.
Santai saja
Jangan ambil pusing dengan menetapkan target tertentu sebelum berangkat ke pertemuan bisnis. Tak usah berharap kali ini Anda akan menemukan rekan bisnis baru yang akan membantu Anda mengembangkan bisnis, atau seseorang yang menawarkan proyek yang menarik. Nikmati saja suasana yang ada. Dan, barangkali Anda akan terkejut dengan hasil yang dicapai bila tidak terlampau dipatok target. (as/dari berbagai sumber)

sumber : www.ciputraentrepreneurship.com

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Blog | List Bisnis Indonesia - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger