Thursday, July 4, 2013

Enam Cara Melepas Belenggu Comfort Zone

Enam Cara Melepas Belenggu Comfort Zone


Istilah zona nyaman tentu sudah tidak asing di telinga Anda. Comfort zone adalah zona di mana Anda merasa segalanya telah cukup dan menjadi alasan untuk berpuas diri. Meskipun tidak buruk, banyak yang menganggap zona nyaman membuat kreativitas seseorang mati dan membunuh passion untuk belajar hal-hal baru.

Bagi Anda yang ingin keluar dari zona nyaman, bertualang, bertemu orang-orang baru, dan belajar banyak hal yang sebelumnya tidak Anda ketahui, berikut adalah enam cara yang dapat Anda gunakan seperti yang ditulis Marla Tabaka dalam laman Inc.com:

1. Menyadari ketidaksempurnaan
Ingin memberikan kesan sempurna kadang membuat seseorang tidak mau mencoba hal-hal baru. Saat khawatir terhadap apa yang orang lain pikirkan tentang Anda atau membuat orang lain kecewa, Anda tidak akan pernah bisa lepas dari comfort zone. Cobalah untuk sedikit “gila”, dan lakukan hal-hal seru seperti berjoget di swalayan.

2. Hancurkan ketakutan Anda
Cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang menjadi ketakutan Anda saat ini. Mulai dari benda/ binatang yang terlihat hingga situasi yang paling Anda hindari, tuliskan semuanya. Bila sudah, segera identifikasi apa yang menjadi phobia Anda dan cari cara menghadapinya.

3. Temukan rekan
Ada banyak hal yang tidak bisa Anda selesaikan sendiri. Bila Anda merasa tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik sendirian, maka carilah rekan yang memiliki visi yang sama dan mampu menutupi kekurangan Anda. Namun harus Anda sadari bahwa mencari rekan jangan sampai dimaksudkan untuk mencari rasa aman dan memelihara ketakutan Anda.

4. Lepaskan ekspektasi dan terima resiko
Orang yang berada dalam zona nyaman biasanya dikelilingi oleh hal-hal yang mudah ditebak dan takut terhadap ketidakpastian. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengambil resiko dan melepaskan ekspektasi.

5. Bergaul dengan orang yang berbeda
Ketika bergaul, seseorang biasanya memilih teman-teman yang memiliki banyak kesamaan, baik dalam hobi, selera, ataupun cara berpikir. Cobalah untuk bergaul dengan orang yang sama sekali berbeda dengan Anda. Buatlah petualangan seru dengan orang-orang baru untuk membuka pikiran dan perspektif Anda terhadap hal-hal baru.

6. Bayangkan kesuksesan Anda
Setiap hari, sediakan waktu beberapa saat untuk membayangkan apa yang menjadi impian Anda. Tidak hanya itu, bayangkan juga resiko, hambatan, dan lika liku jalan yang mungkin Anda hadapi untuk mencapainya. Dengan demikian, Anda akan lebih siap dengan hal-hal tak terduga yang menghadang impian Anda.

sumber : the-marketeers.com

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Blog | List Bisnis Indonesia - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger